Pelaksanaan BID Seluruh Kecamatan Berjalan Lancar

  • by Admin Dispermas
  • Berita
  • 163

 

BID di Kecamatan Tegowanu dan Tanggungharjo

GROBOGAN - Bursa Inovasi Desa (BID) Kabupaten Grobogan Tahun 2019 telah berjalan dengan lancar. Kegiatan ini dibagi dalam 3 (tiga) hari dari tanggal 16 sampai dengan 18 Juli 2019 yang tersebar di 19 kecamatan. Lantas, apakah BID itu? Bursa Inovasi Desa (BID) merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di Desa-Desa di lingkup Kabupaten. Menurut Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dirjen PPMD), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) Taufik Madjid dalam situs https://republika.co.id/berita/puufe6368/bursa-inovasi-desa-tempat-desa-memilih-inovasi menyatakan bahwa BID wajib dilaksanakan di kabupaten di seluruh Indonesia dan dikelola oleh Tim Inovasi Kabupaten (TIK). Namun pada 2019, BID dilaksanakan di tingkat kecamatan yang dikelola oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) kecamatan, sehingga lebih dekat ke desa, baik dilaksanakan di kecamatan maupun klaster kecamatan.

Dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, tiap desa mempunyai 2 (dua) kewenangan khusus, yaitu kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala Desa. Untuk mendukung pelaksanaan keduanya, desa diberi kucuran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) oleh pemerintah sejak tahun 2015. Dengan ini desa diharap mampu mengembangkan dan mengelola potensi yang ada di desanya secara mandiri sehingga dapat menunjang kesejahteraan masyarakat desa.

Pelaksanaan BID Kabupaten Grobogan tahun ini meningkat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Diharapkan untuk tahun-tahun berikutnya, pelaksanaan BID dapat meningkat. Pelaksanaan BID sebagai salah satu wadah masyarakat desa untuk berinovasi menumbuhkembangkan potensi yang ada di desanya. Ada 3 (tiga) kelompok bidang dalam pelaksanaan BID, yaitu Bidang Pemebrdayaan Ekonomi Lokal, Bidang Peningkatan Infrastrukur, dan Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Manusia.

Adapun 19 kecamatan yang ikut serta dalam pelaksanaan BID, antara lain:

  1. Kecamatan Purwodadi
  2. Kecamatan Toroh
  3. Kecamatan Geyer
  4. Kecamatan Pulokulon
  5. Kecamatan Kradenan
  6. Kecamatan Gabus
  7. Kecamatan Ngaringan
  8. Kecamatan Wirosari
  9. Kecamatan Tawangharjo
  10. Kecamatan Grobogan
  11. Kecamatan Brati
  12. Kecamatan Klambu
  13. Kecamatan Penawangan
  14. Kecamatan Godong
  15. Kecamatan Karangrayung
  16. Kecamatan Gubug
  17. Kecamatan Tegowanu
  18. Kecamatan Kedungjati
  19. Kecamatan Tanggungharjo

 

 

 

 

Top